INDLISH - Bahasa Indonesia Inggris

8 May 2012

6b2cbd3891b047e5e317eb78c859e0d3_indlishBerita yang gak habis-habis diangkat belakangan ini adalah perseteruan Jenny Cortez dan Nikita Mirzani soal hiheels (in English: High Heels alias sepatu hak tinggi) lengkap dengan comment Nikita yang bilang kalau Jenny gak bisa Bahasa Inggris. Dugh…. apa Nikita udah lulus TOEFL juga ya ?


Bahasa Inggris is not our native langguage saya pikir wajar aja kalau banyak orang biasa yang gak les Inggris, sekolah atau kerja di luar negeri gak bisa berbahasa Inggris yang baik dan benar. Tapi boleh dong diberikan two thumbs ( dua jempol bukan buat dangdutan ) untuk semangat menggunakan Bahasa Inggris dimana-mana walaupun ngawur tapi menarik untuk disimak , contohya yang paling gampang ditemukan :


Vool Ojek ( Ojek Pool )

Poto cofee ( Photocopy)

Saya pernah lihat juga di TV seorang demonstran membawa spanduk bertuliskan Peace for Massage ( yang diterjemahin menjadi Pijatan untuk Perdamaian) seharusnya Message for Peace (pesan Perdamaian)

Hose for sail ( maksudnya House for sale )

For Rent please kol …. (maksudnya please call .. )

Pres Juice ( Fresh Juice )


Atau juga conversation yang salah kaprah :

Can I give you a ring when it is finalized ? sang wanita terbelalak Oh my God, you are so sweet I dont need a ring he he he hooii Mbak, maksudnya Boleh gak saya telepon kamu kalau semuanya udah selesai jadi bukan akan dikasih cincin.

Atau … Can I call you back ? … dan lagi-lagi si wanita terbelalak .. My name is not Bec, you can call me Tina… hmm Mbak.. maksudnya boleh gak saya telpon balik kamu..



4b505335d9e5618a5a444526db36e7dd_indlishJadiiiiiiii……..daripada menggunakan INDLISH alias Indonesia gak - Inggris juga ngaco, mungkin lebih baik menggunakan Bahasa Indonesia saja sebaik-baiknya … atau kenapa juga gak memulai belajar Bahasa Inggris yang baik dan benar dimulai dengan melatih telinga melihat film berbahasa Inggris dan mencocokan dengan subtitlenya, atau setiap malam menghafal 10 kata baru dari kamus Bahasa Inggris Indonesia, atau yang paling efektif kan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan mulai rajin mengartikannya. Apalagi kalau punya uang lebih langsung aja ambil les Inggris sekalian dengan native speakernya.


So, kalau suatu saat jadian dengan orang asing yang berbahasa Inggris, gak akan ada lagi percakapan ngawur seperti ini….

I love you …

I love you two baby …

Hmmmm I love you four (halaaahhh !)


TAGS sinta sutanti Bahasa Indonesia Bahasa Inggris kamus dictionary hiheels


-

Author

Follow Me