HARDIKNAS : Waktu untuk Menghardik Diri Sendiri

2 May 2012

Hoooiii Mas, ati-ati dong gak berpendidikan banget sih ! teriak Mbak Pembantu saya menghardik seorang Mas-Mas yang berjalan sambil menabrak kursi roda saya. Si Mas hanya menoleh dan berjalan kembali tanpa mengucapkan sepatah kata. Saya yang ditabrak jadi tertawa sendiri mendengar hardikan Si Mbak Pembantu sambil berfikir harus berpendidikan seperti apa sih supaya tidak menabrak orang lain di jalanan?


5e7438d133163aecaa63db5b897a604d_sarjanaMbak Pembantu saya hanya sekolah sampai SMP tapi merasa lebih berpendidikan dibanding pria rapi dan wangi yang ternyata berkantor di lantai 1 gedung tempat tinggal saya, sebuah perusahaan kontraktor yang notabene adalah orang yang berpendidikan dibanding pembantu saya.


Sebetulnya orang seperti apa yang disebut berpendidikan ? tanya saya sendiri sambil menyalakan televisi.


5a5d8032f0a029d1883fa2b5628c9e9d_sarjana-2Hmmm ada berita yang masih panas - Anggie yang ditahan KPK untuk masalah korupsi dia berpendidikan tinggi - S2 lagi. Ganti channel lagi, duughh infotainment yang masih rame ngebahas perselingkuhan Bupati dengan istri orang keduanya juga berpendidikan tinggi bahkan si wanita lulusan luar negeri. Malas ah nontonnya …. ganti channel lagi .. berita Gubernur yang dipanggil KPK karena korupsi pembangunan sarana olah raga bisa menjadi Gubernur pastinya pendidikannya tidak hanya SMA saja. Bosen nonton berita korupsi lagi, pindah channel lagi 688005f8dc2dee05d40d10e542c0ac3a_sarjana-3ehmmm masih ada berita soal video porno yang (konon) pemainnya adalah dua Anggota Dewan…. duilah ngapain juga sih secara dua-duanya punya jabatan dan pendidikan yang tinggi.


4e206321562a8b99dfdea0204ba001e5_sarjana-6Hmmm…. koq hampir semua beritanya seperti ini ? Orang-orang yang berpendidikan lumayan bahkan tinggi tetapi kelakuannya tidak terpuji, sementara ada liputan betapa anak-anak sekolah di ujung Indonesia sana yang harus menyeberangi derasnya sungai untuk sampai ke sekolah karena jembatan yang roboh dan belum diperbaiki. Belum lagi begitu banyak tayangan mengenai sekolah yang hampir roboh di banyak lokasi di Indonesia.


Saya teringat Mas-Mas yang menabrak kursi roda saya tadi pagi - pergi tanpa minta maaf sama sekali, lalu lintas yang kacau setiap hari karena banyak orang yang tidak mau mengalah dan menang sendiri di jalan raya, juga tidak banyak orang yang mau membantu menyeberangkan orang lain di jalan raya.

Apakah ini salah satu gambaran masyarakat yang berpendidikan tinggi ?


9f38f60124d065d4e2a8732bde5d5254_sarjana-4Untuk apa Hari Pendidikan Nasional diperingati jika yang berpendidikan tinggi tidak ada budi pekerti,moralitas yang dipunya rendah sekali dan tidak peduli sesama sama sekali ?


Sementara yang haus pendidikan masih banyak yang berjuang hanya untuk sampai ke sekolah mereka ?


Hardiknas akan terus diperingati, tetapi akan lebih baik lagi menjadikan waktu ini untuk dapat mendidik dan menghardik diri sendiri untuk tidak mengikut kata hati jika ingin korupsi, jika ingin memanipulasi, jika ingin berbuat nista, jika ingin menang sendiri, jika ingin tidak peduli pada sesama dan lingkungan sekitar.


c04d2e7d9f562c6caed915a40431b1a2_sarjana-5Dengan bisa menghardik diri sendiri supaya hidup lebih lurus lagi, mungkin kita di Indonesia ini akan bisa menikmati menjadi bagian dari suatu negara yang rendah angka korupsi, tinggi angka kepedulian sosial, saling menghormati, mempunyai budi pekerti tinggi dan saling membantu mengantarkan mereka yang berkekurangan untuk sekolah lebih tinggi lagi.


Sehingga negara ini tidak hanya akan dipenuhi oleh orang yang berpendidikan tetapi juga berbudi pekerti dan berjiwa sosial tinggi.



TAGS sinta sutanti ki hadjar dewantara Hardiknas sarjana angelina sondakh


Comment
  • hezty tatawarna 3 years ago

    mungkin sistem pendidikan di indonesia masih bisa dikatakan baik namun berantakan (?)

  • intantatawarna 4 years ago

    yaps nice post
    suka kata2nya yg terahir :3

  • Johanes 5 years ago

    Terima kasih untuk tulisannya. . . Kembali mengingatkan saya sebagai tenaga pendidik di republik tercinta. . .

  • Eko Hartanto 5 years ago

    heheheehe… title nya menggelitik untuk membaca lebih lanjut.
    fakta lapangan : abad 21 memulai titik balik kembali ke zaman urdu dimana Gold (simbol harta), Glory (simbol kekuasaan) tapi tanpa Gospel (simbol keagamaan).
    banyak gedung” mewah yang berarsitektur wah dipenuhi dengan kaca, sayang sekali kaca itu bukan dipakai untuk berkaca… bukan dipakai untuk menghardik diri sendiri…

  • Toko Online Herbal 5 years ago

    pendidikan moral harus lebih diperbanyak. negara ini tidak butuh sarjana pintar namun bermoral bejat.

  • abdul hadi 5 years ago

    Hari Pendidikan di peringati, tapi bangsa ini tidak mendidik dengan serius calon anak bangsanya kedepan, mari kita pertanyakan kemana pendidikan budipekerti di sekolah sekolah Dasar dan seterusnya, apa saja keberhasilan Pendidikan Pramuka selama ini yang di haruskan di sekolah sekolah, [mungkin perlu diadakan pendidikan tawuran dan demontrasi]

  • Aa Pratama 5 years ago

    ternyata tingginya pendidikan belum menentukan seberapa tingginya tingkat kepedulian sosial seseorang terhadap diri dan lingkungannya.Jadi ngerasa kalo pendidikan tidak dijaragai sebagaimana mestinya.

  • Bling phone cases 5 years ago

    semoga pendidikan di indonesia selalu maju,,,kepintaran jgn disalahgunakan,,,berjuang untuk kemajuan indonesia,,,jangan diotaknya hanya memikirkan korupsi wahai para pemimpin indonesia

  • JUAL BAJU COUPLE KOREA MURAH 5 years ago

    Menurut aku, orang berpendidikan sekarang tidak lagi diukur seberapa jauh dia menempuh tingkatan suatu pendidikan. Buktinya, banyak juga orang-orang tamatan SMP atau SMA bisa sukses. Tapi, yang menjadi patokan orang berpendidikan sekarang itu bagaimana dia berpikir dan berprilaku terhadap lingkungan. Nice share, mbak. Indahnya berbagi. :D

    LEMARI CINTA
    Membantu Kamu dan Doi Selalu Tampil Beda Dalam Setiap Suasana

  • The Utuh 5 years ago

    Pendidikan moral barangkali yang kurang dinegeri ini.

    Salam by : http://theutuh.mywapblog.com

  • rama wisnu mahendra 5 years ago

    banyak yang lupa pelajaran PMP / PPKn / Penjaskes dan pelajaran mengenai etika, tata krama, moral, sopan santun dan lainnya

    banyak yang lupa pesan moral dan nasihat guru-guru wali yang susah payah membantu biar anak didiknya bisa berjalan kedepan

    apa ya yang salah dengan keadaan di setiap strata sosial kita??

  • marthauli 5 years ago

    “Negara ini tidak hanya dipenuhi oleh orang yang berpendidikan tetapi juga berbudi pekerti dan berjiwa sosial yang tinggi”. Saya setuju sekali mba Sinta dengan kalimat itu….karena banyak orang yang ngakunya berpendidikan tapi tidak menerapkan ilmunya dalam kesehariannya.:)

  • company profile 5 years ago

    iya, bener banget

-

Author

Follow Me